Kota-kota di Dunia yang Panasnya Seperti Neraka

Ragam1155 Dilihat

EL PASO, informasiterpercaya.com || Gelombang panas menerjang sejumlah wilayah dan membuat jutaan orang di berbagai belahan bumi merasa panas ekstrem. Kota-kota mana saja yang panasnya bak neraka?

Panas ekstrem yang disebabkan oleh perubahan iklim ini bahkan memicu kebakaran hutan hingga korban tewas akibat tersengat cuaca panas.

Sebanyak 112 warga Meksiko tewas diterjang gelombang panas. Di AS, 13 orang juga meninggal dunia akibat panas ekstrem. Di India, 98 orang dilaporkan meninggal dunia akibat gelombang panas ekstrem.

Rekor suhu terpanas panas setidaknya tercatat di AS, Eropa, hingga Asia. Berikut beberapa kota dengan rekor suhu terpanas sejauh ini:

1. El Paso, Amerika Serikat

Gelombang panas ekstrem di AS terjadi di berbagai kota seperti El Paso, Texas yang tembus di tiga digit Fahrenheit (di atas 40 derajat Celsius) selama 33 hari berturut-turut.

Kemudian, di Phoenix dan Arizona cuaca mencapai 110 derajat Fahrenheit (43,3 derajat Celsius) pada Selasa siang kemarin. Kondisi ini memperpanjang rekor hari-harinya di lebih dari 110 derajat selama 19 hari.

Coral Reef Watch NOAA mengatakan panas ekstrem yang terjadi di Florida Tenggara bahkan membahayakan terumbu karang, dengan beberapa area mencapai lebih dari 90 derajat Fahrenheit (32 Celsius).

2. Roma, Italia

Italia mencatat rekor suhu tertinggi di Roma hingga 107,2 derajat Fahrenheit (41,8 derajat Celsius). Menteri Kesehatan Italia Orazio Schillaci mengatakan gelombang panas di kota tersebut menjadi penyebab peningkatan 20 persen jumlah pasien di IGD beberapa hari terakhir.

Karenanya, ia pun mengimbau bagi masyarakat untuk menghindari keluar rumah saat kondisi panas ekstrem menyerang karena bisa menyebabkan masalah pernapasan.

3. Renno, Prancis

Dikutip CNN, Badan Cuaca Prancis mencatat ada sembilan wilayah di negaranya yang mengalami suhu tertinggi baru pada Selasa kemarin.

Gelombang panas tak biasa ini membuat pemerintah Paris bahkan mempertimbangkan kembali untuk menyelenggarakan Olimpiade yang rencananya dilaksanakan di negaranya pada tahun depan.

Menurut tweet Météo France, rekor suhu mencapai 38,3 derajat Celcius (atau sekitar 101 derajat Fahrenheit) di Renno, 38,6 derajat Celcius (sekitar 101 derajat Fahrenheit) di Aups, dan 29,5 derajat Celcius (sekitar 85 derajat Fahrenheit) di Alpe d’Huez.

4. Baghdad, Irak

Suhu di Ibu Kota Irak, Baghdad, dan provinsi lainnya di bagian selatan negara tersebut melonjak hingga hampir 122 derajat Fahrenheit (50 derajat Celsius) pada pekan ini.

Gelombang panas ini dikeluhkan oleh banyak warga karena adanya pemadaman listrik di tengah perlunya menyalakan kipas angin dan AC untuk menangani cuaca yang menyengat.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *