Sekjen KIPP: KPK Dapat Dukung Pemilu Jurdil

Politik3000 Dilihat

JAKARTA, informasiterpercaya.com || KETUA KPK Firli Bahuri menyerukan hajar serangan fajar sebagai jargon menolak politik uang pada Pemilu 2024. Firli mengingatkan masyarakat agar tidak pernah menjual suara dan menggadaikan nasib bangsa Indonesia lima tahun ke depan. Hal tersebut disampaikan Firli pada acara Roadshow Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Budaya Antikorupsi, di arena Car Free Day (CFD) Kota Bekasi, Minggu pagi (18/6).

Terkait dengan pesan Ketua KPK tersebut, Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta turut mengapresiasi. Menurutnya, upaya KPK dalam mendukung pelaksanaan Pemilu yang bersih merupakan sesuatu yang baik. “Sebagai upaya mendukung pemilu bersih saya pikir baik,” katanya kepada media, Senin (19/6/2023).

Pesan dan seruan ketua KPK tersebut, lanjut Kaka, penting dan harus menjadi perhatian masyarakat terutama penyelenggara pemilu sebagai aktor utama. “Tetap perlu mengedepankan penyelanggara pemilu sebagai aktor utama,” terangnya.

Kaka menilai KPK termasuk lembaga lain di luar penyelenggara pemilu dapat menjadi support system sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berlangsung jurdil, bersih, dan berintegritas. “Sebaiknya lembaga lain di luar penyelenggara pemilu termasuk KPK hanya sebagai support system dan tidak mengambil porsi Bawaslu misalnya. Selain juga mandat KPK sendiri tidak spesifik dalam pemilu,” jelasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan masyarakat agar tidak pernah jual suara dan menggadaikan nasib bangsa Indonesia lima tahun ke depan. Peringatan itu disampaikan terkait pelaksanaan Pemilu 2024 yang makin dekat. “Kalau kita paham bahwa suara rakyat adalah suara Tuhan, anda tidak akan pernah menjualbelikan suara Tuhan. Karena itu, kita hajar serangan fajar,” tegas Firli Bahuri***MIOL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *