Pj Gubsu: Selama PON XXI 2024 Kunjungan Wisata di Sumut Capai 18.000 Orang

Olahraga25 Dilihat

MEDAN || Pj Gubsu Agus Fatoni mengatakan tingkat kunjungan wisata selama PON XXI 2024 berlangsung mencapai 18.000 orang di Sumut.

Perhelatan PON XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut) 2024 menggeliatkan sektor pariwisata di Sumut. Termasuk wisata kuliner hingga belanja.

Geliat wisata ini terlihat dari jumlah pengunjung yang berbelanja di sejumlah objek wisata. Terutama objek wisata di kabupaten/kota tempat penyelenggaraan PON.
Demikian diungkapkan Pj Gubsu Agus Fatoni dan Pj Gubernur Aceh Syahrial dalam temu pers di ruang Media Centre PON XXI 2024 , Jumat (20/9/2024).

Seperti diungkapkan Fatoni, di kawasan Kota Medan di Istana Maimon, kuliner makanan di Kawasan Kesawan , Ucok Durian, bahkan sampai di Danau Toba, tepatnya di Pasar Tomok, Kabupaten Samosir. Tingkat penjualan pedagang di pasar penjualan oleh-oleh khas Danau Toba itu mengalami peningkatan,ujar Fatoni.

Selain itu, kunjungan wisata ini menambah pemasukan para pedagang yang ada di kawasan objek wisata, seperti halnya di Samosir.

PON XXI Bawa Berkah

Seperti diungkapkan salah seorang pedagang bernama Dewi Siallagan, s di Pasar Tomok. Wanita yang sudah 11 tahun berjualan di Pasar Tomok ini, mengaku PON XXI membawa berkah bagi pedagang.

“Ramai sejak ada PON. Biasanya sore baru ramai. Mungkin selesai pertandingan baru mereka ke sini,” kata Dewi, di Pasar Tomok, Samosir, kemarin.

Menurut Dewi, peningkatan penjualan di tokonya mencapai 20 persen. Pedagang banyak membeli produk dengan ciri khas Danau Toba. Seperti pakaian dengan tulisan Danau Toba atau Toba Lake, tas bermotof ulos, atau kain ulos.

Pengunjung yang membeli itu menurutnya mulai dari atlet, offiicial, hingga pendukung komtingen. Di Kabupaten Samosir, ada satu venue PON XXI, yakni cabor voli pasir. Venue voli pasir berada di Pantai Situngkir, Pangururan, Kabupaten Samosir.

Wisata Kuliner di P.Siantar

Sementara peningkatan pengunjung juga terjadi di kedai Kopi Kok Tong, Kota Pematangsiantar. Kedai kopi yang berada di persimpangan Jalan Wahidin dan Jalan Cipto Pematangsiantar ini, tampak rampai dikunjungi pembeli. Seperti pada Rabu (18/9/2024) pagi, kedai kopi yang sudah ada sejak 1925 tersebut, dipenuhi pengunjung.

Pelayan Kopi Kok Tong, Roselina mengatakan, jumlah pengunjung ini meningkat sejak PON berlangsung. Di Pematangsiantar ada satu venue PPN XXI, yakni untuk cabor tinju.

“Ramai kali sekarang, terutama pagi. Nanti sore pun ramai juga,” ujarnya.

Menurut Roselina, peningkatan pengunjung bisa mencapai 50 persen lebih. Terutama di akhir pekan. Kedai Kopi Kok Tong menjadi salah satu destinasi utama wisata kuliner di Kota Pematangsiantar.

UMKM Berjalan

Capian target kunjungan wisata sebanyak 18.000 di Sumatera Utara selama PON XXI 2024 membuat tingkat pertumbuhan ekononi dan UMKM berjalan.
Artinya dengan banyaknya para atlik yang ikut berlaga di cabor juga tak lupa menikmati kuliner dan berbelanja di Kota Medan untuk membeli oleh -oleh kue untuk dibawa pulang.
Hal ini juga diungkapkan Pj Gubsu Agus Fatoni bahwa selama PON XXI 2024 UMKm di Sumut berjalan dengan baik dan ada peningkatan penjualan,tukas Fatoni. ***WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *