18 Produk UMKM Unggulan Ambil Bagian di FEKDI dan KKI di Jakarta, Ini Kata IGP Wira Kesuma…

Medan699 Dilihat

JAKARTA || SEBANYAK 18 produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hasil binaan Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara turut ambil bagian memeriahkan Festival Ekonomi Keuangan Digital dan Karya Kreatif Indonesia (FEKDI dan KKI) dimulai 1-4 Agustus 2024 di Hall A dan B Jakarta Convention Centre binaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara (BI Sumut) menghadirkan 18 produk UMKM unggulan atau andalan di Sumut pada acara FEKDI (Festival Ekonomi Keuangan Digital dan KKI (Karya Kreatif Indonesia) yang dilaksanakan sejak 1-4 Agustus 2024 di Hall A dan B, Jakarta Convention Centre Jalan Senayan Jakarta Pusat.

“Kita sengaja tampilkan 18 produk unggulan UMKM memeriahkan di acara ini. Soalnya, yang ditampilkan keseluruhan produk UMKM setiap provinsi se-Indonesia,” kata Kepala BI Sumut, IGP Wira Kusuma saat ditemui secara langsung di salah satu Both Wastra Sumut di Jakarta, Sabtu (3/8/2024) sore.

Disebutkannya, salah satu produk unggulan UMKM yang ditampilkan tersebut seperti Ulos Sianipar, Dame Ulos dari Sibolga. Dan ada juga hasil Tenun dari Toba serta produk Kopi.

Dia kembali merincikannya, sebanyak 18 produk UMKM yang dihadirkan itu yakni both tersedia sebanyak 8. Sedangkan secara online 10 UMKM. “Alhamdulillah pada hari kedua ini, UMKM yang kita hadirkan ini penjualannya sudah mencapai Rp 80 jutaan pada hari pertama dan belum lagi yang dari penjualan online,” kata jelas Wira.

Kepada sejumlah wartawan, IGP Wira Kusuma mengaku bangga dengan capaian itu. Apalagi, terang Wira, salah satu produk Wastra binaan Bank Sumut menjadi primadona karena tampil gemilang dan memepesona bagi pengunjung saat di bawa pada acara fashion show di hadapan Presiden RI kemarin. Pada saat itu karya Wastra Sumatera Utara yang diperagakan telah didisain oleh desainer ternama sehingga banyak orang terkesima. “Jadi banyak orang terkesima dengan hasil Wastra Sumut dan mereka datang pada pameran ini,” ungkap Wira.

Untuk itu, Wira mengaku optimis bahwa hasil Wastra Sumut dan produk UMKM Sumut lainnya akan laku keras pada puncak KKI nanti. “Jadi dengan hasil yang membanggakan ini mudah-mudahan sesuai target penjualan,” sebutnya.

Apalagi, masih ada waktu 2 hari di acara puncak. Maka dari itu, diharapkan hasil UMKM dan Wastra Sumut bisa ludes diborong pada acara FEKDI dan KKI ini.

“Mudah-mudahan di acara puncak nanti yakni pada Minggu ini habis semua produk Sumut. Apalagi tema kali ini Sumatera Utara,” tegasnya.

Untuk itu, terang Wira yang turut didampingi, Indra Kuspriyadi selaku Kepala Divisi Implementasi KEKDA Sumut, berharap dapat meningkatkan hasil karya produk Sumut agar lebih diminati. Sebab, diperlukan produk-produk Wastra yang bagus. Selian itu, juga perlu dilengkapi dengan nilai tambah yakni disain baju yang bagus pula sehingga menjadi nilai tambah spiritnya hasil produk Sumut.

“Mudah-mudahan dengan sinergi yang apik ini Bank Indonesia bisa membantu UMKM-UMKM Sumatera Utara sehingga bisa lebih tampil lagi secara Nasional dan Global,” harapnya.***WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *