NSI Dorong Sektor Investasi Melalui Penggalian Program NICe

Medan541 Dilihat

MEDAN || Kepala Devisi Implementasi KEKDA Perwakilan  Bank Indonesia Sumatera Utara, Indra Kuspriyadi mengatakan, North Sumatra Invest (NSI) mendorong sektor investasi melalui penggalian peluang investasi potensial melalui program NSI Investment Challenge (NICe).

“Peluang investasi tersebut berasal dari 33 kabupaten/kota untuk selanjutnya dilakukan penyusunan dokumen studi pendahuluan peluang investasi,”kata Indra Kuspriyadi di acara Bincang Bincang Media (BBM), Kamis (20/06/2024) di Lantai 3 Kantor BI Jalan A Yani Medan.

Adapun proyek yang diusung merupakan prioritas daerah baik berstatus PSN, BUMN, dan/atau BUMD. Melalui NICe diharapkan dapat menambah referensi bagi calon investor untuk berinvestasi di Sumatera Utara dan booster investasi Sumut naik kelas.

Sektor investasi memiliki andil yang besar dalam pembentukan pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara pada triwulan I tahun 2024 yang mencapai angka 4,88% (yoy).
Dimana sektor investasi berhasil menyumbang 28,92% atau sebagai kontributor terbesar ketiga dari sisi pengeluaran setelah Konsumsi RT dan kinerja Ekspor. Berdasarkan
capaian tersebut, perlu untuk mendorong sektor investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, salah satunya melalui penyelenggaraan NSI Day 2024.

Site Visit merupakan kegiatan promosi investasi yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi dan data mengenai proyek-proyek investasi yang ada di Sumatera. Sehingga, mereka dapat menyebarluaskan informasi tersebut kepada calon investor di negara asalnya untuk menciptakan dan memperluas pasar investasi, termasuk kehadiran calon investor di NSI Day 2024 pada 3 Juli 2024.

Merupakan flagship event promosi investasi tahunan Sumatera Utara dengan mengusung tema Driving Economic Growth: Unlocking Opportunities through Sustainable Investment, Trade, and Tourism. Tahun 2024, NSI Day akan dikolaborasikan dengan perhelatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) serta Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU).

Sementara Kepala Devisi  Wahyu Yuwana mengatakan, NSI Day meliputi serangkaian agenda diantaranya promosi proyek investasi, one-on-one meeting, seremonial kerja sama investasi, dan booth investasi.

Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) merupakan sebuah Gerakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk UMKM dan berwisata di dalam negeri.

Pada tahun ini, Bank Indonesia ditunjuk menjadi campaign manager GBBI & GBBWI 2024 pada 3-7 Juli 2024 di Kota Medan yang diselaraskan dengan HUT Kota Medan. GBBI dan GBWI di Sumatera Utara akan dikemas dalam acara “Karya Kreatif Sumatera Utara” dengan tema “Rap Pamajuhon Sumatera Utara” (bersama-sama memajukan Sumatera Utara melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata, dan penguatan investasi).

Terdapat total 460 UMKM yang akan berpartisipasi dalam KKSU 2024 (161 secara offline di Istana Maimun dan Deli Park) dan 299 secara online melalui e-catalogue website www.karyakreatifsumut.com. Rangkaian acara juga dilengkapi dengan talkshow, coffee competition, fashion design competition, fashion show, workshop kerajinan, sosialisasi QRIS & CBP, penampilan hiburan,

Sinergi dengan Kemenparekraf dalam program Planogram sebagai upaya promosi produk UMKM di Centre Point Mall dalam rangka mendukung F1Powerboat, GBBI & GBWI. Terdapat 76 UMKM yang berpartisipasi pada Planogram yang mulai dipamerkan pada 17 Februari – 19 Maret 2024.

Berdasarkan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Nomor 154 tahun 2023 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Kejuaraan Balap Air Internasional Aquabike tahun 2023 -2027 dan Formula 1 Powerboat tahun 2024 – 2027, Bank Indonesia ditunjuk sebagai Wakil Ketua Bidang Pengembangan Destinasi (DUPK) dan Wakil Ketua Bidang Acara Utama (KPw BI Provinsi Sumut, Sibolga, Pematangsiantar). F1Powerboat akan dilaksanakan pada 1-3 Maret 2024 di Lapangan Sisingamangaraja, Balige, Kab. Toba.

Sinergi dengan Perbankan dalam program Business Matching Pembiayaan UMKM untuk meningkatkan kapasitas UMKM dari sisi pembiayaan. Terdapat 6 Perbankan yang berpartisipasi 4 dan peserta sebanyak 237 UMKM dengan nilai potensi pembiayaan sebesar Rp20,9 miliar.

Program onboarding dan pelatihan digital marketing telah dilaksanakan kepada 389 UMKM di Sumatera Utara melibatkan Sekolah Bisnis Online dan kolaborasi dengan top brands GBBI-BBWI juga dilakukan melalui pelatigan digital marketing secara gratis dan fasilitasi onboarding ke marketplace.***WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *