20 Januari 2020

10 Jasad Hangus Ditemukan dalam Mobil di Meksiko

MEXICO CITY | informasiterpercaya.com

Sedikitnya 10 jenazah hangus terbakar ditemukan di dalam sebuah mobil di wilayah Guerrero, Meksiko. Temuan jenazah ini sedang diselidiki oleh jaksa-jaksa Meksiko.

Seperti dilansir Channel News Asia, Senin (20/1/2020), temuan jenazah dalam kondisi nahas ini didapat polisi di wilayah Chilapa de Alvarez. Polisi awalnya mendapat laporan dari warga setempat yang melihat keberadaan sebuah kendaraan yang terbakar di jalanan.

Juru bicara otoritas keamanan setempat, Roberto Alvarez, dalam pernyataan via Facebook pada Minggu (19/1) waktu setempat menyebut tim penyidik bersama pakar forensik dikerahkan ke lokasi usai mendapat laporan warga pada Jumat (17/1) pekan lalu.

Tidak diketahui secara jelas penyebab kebakaran yang menimpa kendaraan tersebut.

Laporan media-media lokal menyebut para korban merupakan anggota grup musik yang diserang oleh sejumlah pria bersenjata yang diyakini berasal dari kartel narkoba lokal. Usia para korban tidak disebut lebih lanjut.

Motif di balik penyerangan itu tidak diketahui pasti. Kantor jaksa wilayah Guerrero enggan memberikan komentar lebih lanjut soal laporan ini.

Guerrero yang merupakan salah satu wilayah termiskin di Meksiko, telah sejak lama menjadi wilayah rawan konflik antar kartel narkoba. Guerrero juga masuk dalam daftar wilayah dengan kasus pembunuhan tinggi tahun lalu. Area paling rawan konflik disebut ada di kawasan Chilapa de Alvarez.

Kartel-kartel narkoba diketahui kerap terlibat konflik saat mempertahankan rute perdagangan narkoba di wilayah tersebut, khususnya sepanjang pantai Pasifik

Pada Oktober tahun lalu, sekitar 14 tersangka kriminal dan seorang tentara tewas di Guerrero, setelah sekelompok warga sipil bersenjata api menyerang pasukan keamanan Meksiko.

Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, yang menjabat lebih dari setahun terakhir, berjanji memerangi tindak kriminal hingga ke akarnya dengan memberantas kemiskinan dan kesenjangan sosial, bukan dengan mengerahkan militer. Namun diketahui tahun lalu, Meksiko tercatat mengalami 29 ribu kasus pembunuhan. Jika dihitung sejak pemerintah meluncurkan operasi militer memerangi kartel narkoba tahun 2006, jumlahnya menjadi 275 ribu kasus pembunuhan.***DTK

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*