5 Januari 2020

Dampak Ngeri World War 3 untuk RI, Daftar Harga BBM Turun


JAKARTA | informasiterpercaya.com

Ancaman perang dunia ketiga menyeruak setelah saling balas serangan AS-Iran, usai Jenderal Iran tewas diserang AS. Hal itu akan berdampak serius terhadap aktivitas ekonomi global, termasuk Indonesia.

Berita mengenai dampak perang dunia ketiga tersebut menyita banyak perhatian pembaca detikFinance hari ini, Minggu (5/1/2020).

Selain itu ada juga berita lain yang populer hari ini. Beberapa di antaranya adalah soal Jiwasraya dan harga BBM yang turun.

Ekonom Institute for Development of Economics & Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, jika perang dunia ketiga meletus karena peristiwa tersebut, perekonomian Indonesia terancam. Melihat proyeksi ekonomi dalam APBN 2020, harga minyak diprediksi US$ 63 per barel. Tentunya, harga minyak yang sudah melampaui prediksi APBN 2020 ini bisa meningkatkan harga bahan bakar minyak (bbm), terutama non subsidi.

“Dampak ketegangan AS dan Iran paling cepat dirasakan ke harga minyak mentah dunia yg meroket lebih dari 4% dan berimbas pada beban subsidi bbm dan tarif listrik yang bengkak di awal 2020. Di sisi lain, harga bbm non subsidi jenis Pertamax, Pertalite maupun Dex pun berisiko mengalami penyesuaian,” kata Bhima kepada detikcom, Minggu (5/1/2020).

Menteri BUMN Erick Thohir curiga ada pihak yang sengaja membuat isu-isu miring di tengah sengkarut masalah Jiwasraya. Dia curiga pihak itu adalah oknum-oknum yang gerah saat masalah ini mulai masuk proses hukum.

Erick menegaskan, upaya Kementerian BUMN memastikan agar bisnis Jiwasraya tetap bisa berjalan. Sementara di sisi hukum juga bergulir upaya membongkar oknum-oknum perampok dana nasabah Jiwasraya.

DKI Jakarta memiliki sejumlah proyek infrastruktur untuk menanggulangi bencana banjir di ibu kota. Bahkan, proyek-proyek ini sudah diinisiasikan sebelum Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjabat. Mulai dari multi purpose deep tunnel (MPDT) alias gorong-gorong raksasa yang sudah dicanangkan sejak tahun 2007, di mana kala itu Sutiyoso Gubernurnya.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan ada pihak yang menggiring isu bahwa pihak Istana turut mengambil untung dalam skandal Jiwasraya. Bahkan menurutnya isu itu menyebut nama Presiden Joko Widodo.

“Yang kita stop oknum-oknum yang merampok Jiwasraya. Ya mohon maaf banyak diplesetkan dibilang Pak Jokowi yang ambil, istana yang ambil,” ujarnya saat ditemui di Posko Pengungsi Teluk Naga, Tangerang, Minggu (5/1/2020).

Harga BBM Turun

Harga BBM turun di awal tahun 2020. Mulai dari Pertamina yang merupakan badan usaha pelat merah, maupun Total dan Shell yang merupakan badan usaha milik swasta kompak menurunkan harga BBM.***DTK

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*