12 Desember 2019

Menag: Kuota Haji Tahun 2020 Tidak Berkurang


BANTUL | informasiterpercaya.com

Menteri Agama (Menag) RI, Fachrul Razi menyebut kuota jemaah haji tahun 2020 tidak akan mengalami pengurangan. Begini penjelasannya.

“Ndak (tidak ada pengurangan kuota haji), kuotanya tetap, tapi tetap ada tambahan 10 ribu, jadi tidak berkurang. Tapi dia (Pemerintah Saudi Arabia) tidak boleh nyebut itu sebagai kuota, (karena) kuota yang memutuskan OKI,” ujar Fachrul Razi.

Hal ini disampaikan Fachrul Razi kepada wartawan di Sportorium UMY, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Kamis (12/12/2019).

Fachrul mengungkap bahwa kuota dasar jemaah haji Indonesia yang sebesar 221 ribu bukan merupakan keputusan Arab Saudi.

“Begini, Saudi (Arabia) mengatakan begini, itu keputusan angka 221 ribu itu bukan keputusannya Saudi, tapi keputusannya OKI (Organisasi Konferensi Islam), sehingga dia (Pemerintah Saudi Arabia) tidak berani ganggu itu,” jelasnya.

Namun, lanjut Fachrul, Pemerintah Saudi Arabia kemungkinan akan memberi tambahan kuota jemaah haji kepada Indonesia. Namun tambahan itu tidak masuk dalam kuota keputusan OKI.

“Tapi kalau kita ingin minta tambah 10 ribu (kuota jemaah haji untuk Indonesia) boleh, mungkin dia akan kasih. Jadi kita minta tambah aja 10 ribu, tapi dia bilang itu kuota, ya sama ajalah, jumlahnya nambah tapi bukan kuota,” kata Razi.

Diberitakan sebelumnya, Fachrul baru saja tiba dari kunjungan kerja dari Arab Saudi pada Kamis (5/12).

Kunjungan kerja itu dalam rangka penandatanganan MoU Penyelenggaraan Haji 1441H/2020. Disebutkan, kuota haji menjadi salah satu poin yang tercantum dalam MoU penyelenggaraan ibadah haji. MoU tersebut ditandatangani oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh bin Thahir Benten.

Dalam MoU tersebut, tertuang kuota dasar jemaah haji Indonesia sebanyak 221 ribu, yang terdiri atas 204 ribu kuota jemaah haji reguler dan 17 ribu kuota jemaah haji khusus. Namun, ada klausul juga bahwa Indonesia mengajukan penambahan sebesar 10 ribu.***DTK

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*