14 November 2019

Pasca Bom Bunuh Diri di Mako Polrestabes Medan

PENGAMANAN DI KANTOR WALI KOTA MEDAN SEPERTI BIASANYA

MEDAN | informasiterpercaya.com

Pasca kejadian bom diduga bunuh diri di Mako Polrestabes Medan pada Rabu (13/11/2019) sekitar pukul 08.45 WIB pagi, tingkat keamanan untuk masuk di sekitar Kantor Wali Kota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, tidak terlihat adanya penambahan personil Satuan Tugas Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ditempatkan di pintu masuk depan dan belakang.

Petugas Satpol PP merupakan perangkat Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah (Perda), sesuai diamanatkan ddalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengatur bahwa Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta menyelenggarakan pelindungan masyarakat.

“Soal pengamanan di sekitar Kantor Wali Kota Medan tidak ada yang berobah, seperti biasa saja. Dan, Bapak Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution juga mengintruksikan jangan terlalu mencolok dan lakukan seperti biasanya,” sebut Kabag Humas Pemko Kota Medan, Arrahman Pane ketika diminta komentarnya melalui telepon selularnya, Kamis (14/11/2019).

Dikatakannya, sesuai arahan tidak boleh menanyakan foto kelompok pelaku pemboman bunuh diri di Mako Polrestabes Medan atau yang berkaitan dengan peristiwa tersebut, maka pengamanan di Pemko Medan dilakukan seperti biasanya. Namun demikian, pihaknya tetap waspada terhadap orang yang datang ke Kantor Wali Kota Medan untuk mengurus surat menyurat.

“Memang, pemberlakuan pengamanan di Kantor Wali Kota Medan seperti biasanya dilakukan. Meskipun demikian, kita tetap waspada terhadap orang-orang yang datang ke kemari. Pokoknya tidak terlalu mencoloklah sehingga tidak rasa ketakutan terhadap peristiwa pemboman kemarin itu,” kata Kabag Humas Pemko Medan ini.

Dia juga menyampaikan amanat Plt Wali Kota Medan, agar masyarakat Kota Medan tetap tenang dan terus tenang. Jangan membuat statement bukan-bukan yang pada akhirnya membuat situasi tak menentu. “Buatlah situasi tenang, seakan-akan tidak terjadi apa-apa. Karena, dengan sikap kita begini Kota Medan tetap kondusif,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, pengamanan di Kantor Wali Kota Medan di pintu masuk dari depan terlihat empat petugas Satpol PP yakni dua laki-laki dan dua perempuan. Begitu juga di pintu masuk dari belakang ada tiga petugas Satpol PP yakni dua laki-laki dan satu perempuan. Sementara, petugas dari kepolisian dari Sabara Polrestabes Medan hanya terlihat satu orang.***ADI WASGO

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*