30 Oktober 2019

Serapan Anggaran Pemko Medan Baru 47 Persen


MEDAN | informasiterpercaya.com

Menjelang akhir tahun 2019, serapan anggaran di Pemerintah Kota (Pemko) Medan, terhitung Januari hingga Oktober 2019, baru terealisasi hanya 47 persen dari APBD 2019 sebesar Rp 6,3 triliun.

“Begitulah kondisinya saat ini,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan T Sofyan, ketika ditemui di ruang kerjanya lantai II Balaikota, Rabu (30/10/2019).

Meskipun demikian, Kepala BPKAD Kota Medan ini optimis sebelum akhir tahun serapan anggaran terealisasi seratus persen. “Ya kita berdoa saja semoga anggaran yang sudah ditetapkan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya,” ujar Sofyan.

Ketika ditanya kendalanya apa, orang nomor satu di BPKAD Kota Medan itu mengatakan, 47 persen baru terealisasi, kemungkinan besar untuk penghematan anggaran. Namun, demikian, diharapkan semua OPD segera membuat laporan keuangannya yang telah digunakan. “Kita tunggu saja laporan dari OPD,” ujarnya.

Masih katanya, serapan anggaran bakalan meningkat dikarenakan triwulan empat ini semua OPD akan melakukan pekerjaannya sehingga terelisasi semua. “Kita sudah melihat satu persatu OPD telah melakukan pekerjaannya salah satunya pembangunan insfrastruktur, drainase dan lainnya. “Kita harus optimis,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Medan Hasyim SE mengimbau kepada seluruh pejabat Pemko Medan untuk tidak takut menggunakan anggaran. Sebab, anggaran yang sudah ditetapkan itu harus dipergunakan untuk kepentingan rakyat. “Makanya dari rakyat ya untuk rakyat juga,” kata Hasyim SE.

Jika takut, lanjutnya, menggunakan anggaran maka semua program pemko Medan yang sudah terjadwal akan sia-sia. “Kerjakan saja dengan anggaran yang sudah tersedia. Yang penting adalah bisa dipertanggung jawabkan,” ujarnya.***ADI WASGO

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*