28 Oktober 2019

Turki Tangkap 20 Warga Asing yang Diduga Terkait ISIS


ANKARA | informasiterpercaya.com
Otoritas Turki menangkap 20 warga negara asing (WNA) yang diduga terkait dengan kelompok militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Para WNA ini ditahan dalam penggerebekan anti-ISIS terbaru di wilayah Turki.

Seperti dilansir Reuters, Senin (28/10/2019), penahanan warga asing ini diumumkan Turki sehari setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan kematian pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dalam operasi pasukan khusus AS di Suriah bagian barat laut, dekat perbatasan Turki.

Laporan kantor berita Anadolu menyebut 20 WNA itu ditangkap dalam operasi domestik yang menargetkan orang-orang yang dicurigai terkait dengan ISIS. Operasi semacam ini tergolong cukup sering digelar di Turki.

Tidak diketahui pasti apakah penahanan yang diumumkan pada Senin (28/10) waktu setempat ini terkait dengan kematian Baghdadi.

Anadolu dalam laporannya menyebut otoritas Turki telah mengidentifikasi 20 WNA yang dicurigai memiliki keterkaitan dengan ISIS itu. Mereka juga disebut masuk ke wilayah Turki secara ilegal.

Disebutkan Anadolu bahwa 20 WNA itu ditahan dalam penggerebekan dini hari di wilayah Ankara. Usai ditahan dan diproses oleh otoritas keamanan Turki, para WNA itu diserahkan pada otoritas imigrasi untuk dideportasi ke negara asal masing-masing.

Asal kewarganegaraan 20 orang yang ditahan itu tidak disebutkan lebih lanjut.

Diketahui bahwa ISIS telah melakukan banyak kekejaman terhadap kelompok minoritas dan melancarkan berbagai serangan teror di berbagai negara. Kematian Baghdadi dinilai menjadi pukulan telak bagi ISIS, yang kini dalam kekacauan dan belum menetapkan penggantinya. Namun beberapa waktu terakhir, ISIS diketahui terus menyerukan atau melancarkan serangan teror meskipun kehilangan wilayah-wilayahnya di Suriah dan Irak.***DTK

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*