20 Oktober 2019

Dua Pesawat Boeing TNI AU Awasi Jakarta

ilustrasi

JAKARTA | informasiterpercaya.com

TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan 2 pesawat Boeing untuk memantau keamanan Ibu Kota lewat udara di hari pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024. Pesawat tersebut memantau dari ketinggian 16.000 kaki.

“TNI mengerahkan beberapa helikopter untuk mengamankan, khususnya wilayah Istana dan Gedung DPR/MPR, termasuk pesawat Boeing untuk memantau setiap pergerakan dari udara di pos-pos tertentu yang kita anggap kritis,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di lapangan Graha Jala Puspita, Jl RE Martadinata, Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu (20/10/2019).

Baca juga: Jokowi: Kerja Bersama Menuju Indonesia Maju!

Hadi menuturkan awak udara akan memberikan laporan secara real time (terkini) ke kantor Panglima TNI di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakpus. Dari sana, Hadi dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengawasi situasi keamanan pelantikan Presiden terpilih dan wakilnya.

“Hasil informasi dari pesawat akan dilaporkan langsung real time dengan downlink posko yang ada di Merdeka Barat, sehingga seluruh aparat TNI-Polri dapat memantau real time wilayah-wilayah yang dianggap kritis,” ujar Hadi.

Selain itu, lanjut Hadi, pihaknya juga mengerahkan pesawat nirawak atau drone di seluruh wilayah Ibu Kota. “Terus mengawasi di seluruh wilayah Ibu Kota terhadap ancaman-ancaman yang mungkin terjadi dan semuanya dilaporkan ke posko utama di Merdeka Barat,” imbuh dia.

Untuk diketahui, pagi ini Hadi, Tito dan beberapa pejabat utama TNI-Polri melakukan cek kesiapan pengamanan acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Pengecekan dilakukan dengan cara berkeliling dari Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Sudirman hingga sekitar gedung DPR RI.

“Saya mau tanya pada prajurit TNI dan Polri, kekuatan?” kata Hadi kepada pasukan Marinir TNI Angkatan Laut (AL) dan Brimob Polri di lapangan Graha Jala Puspita, Jl RE Martadinata, Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu (20/10/2019).

“55 (sempurna),” jawab pasukan.

Kepada awak media, Hadi menyatakan situasi aman hingga pagi ini dan memastikan kegiatan pelantikan berjalan aman.

“Saya nyatakan bahwa semuanya berjalan lancar, keamanan juga terjaga untuk mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hari ini,” ucap Hadi.***DTK

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*