13 Oktober 2019

Warga Nikmati Full Hunter’s Moon di Langit Kota Mbay, Flores


FLORES | informasiterpercaya.com

PEMANDANGAN bulan purnama penuh yang mengesankan (full hunters moon) terlihat di langit Kota Mbay, Kabupaten Nagekeo, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, sore hari ini menjelang malam sekitar pulul 17.45 Wita.

Pada kemunculannya bulan purnama tampak lebih besar dari biasanya dan berwarna oranye pada awal kemunculannya. Munculnya bulan purnama besar dengan warna oranye ini terlihat sangat mengesankan segera setelah matahari terbenam.

Awalnya masih tertutup awan tipis langit kota Mbay, tetapi selang lima menit kemudian, bulan oranye pun mulai kelihatan.

Bulan purnama di dekat cakrawala juga sering tampak merah, orange ketika masih berada dalam posisi rendah. Hunters moon ialah nama untuk bulan purnama setelah harvest moon atau bulan panen.

Sejumlah warga mengaku terkesima dengan fenomena indah ini dan tak menyangka bisa menyaksikan keindahan cakrawala setelah menikmati sunset di perbukitan Sava Kesidari yang berjarak 2 kilometer dari kota Mbay.

“Ini sangat indah, saya sering menyaksikan juga beberapa bulan lalu, namun ini lebih siang munculnya sehingga ketika habus menikmati matahari terbenam yang indah kita langsung bisa menikmati Full Hunters Moon,” ujar Satni yang ditemui di perbukitan savana.

Dikutip dari Wmur, efeknya dikenal sebagai ilusi bulan, yang membuatnya tampak lebih besar di dekat cakrawala daripada ketika tinggi di langit.

Bulan purnama di dekat cakrawala juga sering tampak merah, oranye, atau kuning karena akan terlihat lebih banyak dari atmosfer ketika dalam posisi rendah.

Saat terbit, bulan akan memiliki karakteristik warna putih keperakan. Karena waktu tahun ini dekat dengan titik balik, bulan akan naik saat matahari terbenam dan menjelang matahari terbit, sehingga pengamat bulan dapat melihatnya melintasi langit sepanjang malam.***MIOL

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*