3 Oktober 2019

Malam Ini Pemilihan Ketua MPR

BAMSOET LAWAN MUZANI

Tiga Fraksi Belum Ambil Sikap

JAKARTA—Enam dari 9 fraksi MPR RI telah menyatakan dukungan terkait pemilihan Ketua MPR periode 2019-2024 antara Bambang Soesatyo atau Bamsoet (F-Golkar) dan Ahmad Muzani (F-Gerindra). Tiga fraksi lainnya hingga pagi ini belum menentukan arah kebijakan.

PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem, PAN dan PPP memilih mendukung Bamsoet. Sementara itu, Ahmad Muzani diketahui baru mendapat dukungan dari partainya sendiri. Tiga partai lainnya, yaitu PKB, PKS dan Partai Demokrat masih belum bersikap.

PKB sendiri mempunyai 58 kursi di parlemen. Sementara itu, Demokrat dan PKS masing-masing mempunyai 54 dan 50 kursi.

“Siapapun yang terpilih nanti PKB menitip beberapa hal untuk memastikan agar konstitusi dijaga dengan sebaiknya, Pancasila semakin kuat teraktualisasi dalam kehidupan kebangsaan dan ikut menjaga dan mengawal pemerintahan agar berjalan baik dan lancar,” kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Rabu (3/10/2019) malam.

Senada dengan Daniel, Ketua Fraksi PKS Tifatul Sembiring menyebut mereka juga belum bersikap apakah mendukung Bamsoet atau Muzani. Tifatul yakin lobi-lobi bakal terus dilakukan sampai paripurna penetapan pimpinan MPR dilaksanakan malam hari ini.

“Ya besok kan masih lobi-lobi juga,” kata Tifatul, Rabu malam.

Demokrat pun menyatakan hal serupa. Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron yakin bakal ada dinamika sampai pelantikan pimpinan MPR terjadi. “Kita lihat dinamikanya besok,” kata Herman Khaeron.

Bagaimana peta dukungan jelang pemilihan ketua MPR malam ini? Dengan modal dukungan 5 partai yakni PDIP (128 kursi), Golkar (85 kursi), NasDem (59 kursi), PAN (44 kursi) dan PPP (19 kursi), Bamsoet yang diusulkan Fraksi Partai Golkar sampai pagi ini telah mengantongi lebih dari 300 suara. Total suara yang dikantongi Bamsoet mencapai 335.

Sementara itu, Partai Gerindra mengaku telah melakukan lobi-lobi politik terhadap seluruh fraksi di parlemen, termasuk unsur DPD. MPR sendiri memiliki 711 anggota yang berasal dari 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD RI. Dukungan tersebut tentunya berpengaruh seandainya pemilihan ketua MPR tak tercapai musyawarah mufakat dan berujung pemungutan suara.***DTK

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*