20 April 2019

WAKIL WALI KOTA DAMPINGI GUBSU SUSURI BABURA


MEDAN—Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mendampingi Gubsu Edy Rahmayadi menyusuri Sungai Babura, Sabtu (20/4/2019). Penyusuran ini dilakukan untuk melihat secara dekat kondisi Sungai Babura yang selama ini sangat rentan meluap sehingga menyebabkan terjadinya banjir. Oleh karenanya dari hasil penelurusan yang dilakukan akan dicari apa faktor menjadi penyebab sungai meluap serta bagaimana solusi mengatasinya. Dengan demikian banjir yang terjadi akibat meluapnya Sungai Deli dapat diatasi.

Penelusuran dilakukan dimulai dari pinggiran Sungai Babura, persisnya dekat Kantor Lurah Beringin, Kecamatan Medan Selayang serta berakhir di Taman beringin Jalan Sudirman Medan. Selain Wakil Wali Kota dan Gubsu, penyusuran Sungai Babura juga diikuti Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPND) Sumut Riadir Akhir Lubis, Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan H M Husni SE dan usur Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II.

Sebelum penyusuran dimulai, Gubsu mengingatkan bahwa kegiatan yang dilakukan itu bukan bertamasya melainkan melakukan evaluasi dalam rangka mengatasi banjir yang selama ini terjadi. Untuk itu Gubsu berharap agar penyusuran sungai seperti ini dilakukan rutin, minimal sebulan sekali. “Jadi penyusuran sungai yang dilakukan ini bukan main-main,” kata Gubsu.

Sementara itu Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi mengaku sangat gembira dengan adanya kegiatan penyusuran sungai yang dilakukan dalam upaya mengatasi banjir yang selama ini terjadi di Kota Medan. “Ini adalan mimpi Pemko Medan yang selama ini sangat dinantikan,” kata Akhyar.

Menurut Akhyar, penanganan banjir secara keilmuwan mudah ditangani namun problem sosial tidak gampang melakukannya. Oleh karenanya diperlukan edukasi kepada masyarakat, selain tidak tinggal di bantaran sungai, juga tidak buang sampah sembarangan. Sebagai salah satu solusi, jelas Akhyar, Pemko Medan akan membangun rusunawa untuk menampung warga yang tinggal di bantaran sungai.***put

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe to our Channel