16 April 2019

Militer AS Bunuh Pemimpin IS di Somalia


MILITER Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi telah membunuh pemimpin kelompok militan Negara Islam (IS) peringkat kedua di Somalia. Operasi penumpasan itu dilakukan melalui serangan udara.

Komando Afrika-AS menyatakan Abdulhakim Dhuqub tewas pada Minggu waktu setempat, di daerah sekitar Xiriiro, wilayah Bari.

Dari evaluasi sejauh ini, militer AS mengungkapkan serangan tersebut hanya menyebabkan kematian Dhuqub serta menghancurkan satu kendaraan.

“Dhuqub bertanggung jawab atas operasi harian kelompok ekstremis. Termasuk merencanakan serangan dan pengadaan sumber daya,” bunyi pernyataan AFRICOM.

Keberadaan kelompok IS di Somalia relatif kecil, pejuang Al-Shabaab lebih kuat dan bersekutu dengan Al-Qaeda.

“Kamu terus bekerja sama dengan mitra Somalia, untuk menekan jaringan teror Al-Shabaab dan IS-Somalia,” ujar Direktur Operasi AFRICOM Korps Marinir Mayor Jenderal Gregg Olson.

“Untuk mendukung strategi, kami menggunakan serangan udara presisi. Langkah itu menargetkan rencana serangan mereka, kegiatan brutal ekstremis yang membuat Somalia terancam,” imbuhnya.

Pada akhir 2018, militer AS memperkirakan terdapat 75-250 pejuang IS di Somalia, dibandingkan dengan 3.000 hingga 7.000 pejuang Shabaab.***miol

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*