10 April 2019

Pemimpin Uni Eropa Diyakini Setuju Penundaan Brexit


PARA pemimpin Uni Eropa diperkirakan menyetujui penundaan Brexit, dalam pertemuan puncak yang dihadiri Perdana Menteri (PM) Inggris, Theresa May. Pertemuan puncak sebelumnya masih diwarnai perceraian Inggris dari Uni Eropa (Brexit) tanpa kesepakatan.

May ingin mendorong penundaan Brexit dari 12 April ke 30 Juni. Tujuannya, ialah mengatur kepergian Inggris dengan damai. Akan tetapi, para pemimpin Uni Eropa khawatir jangka waktu tersebut tidak akan cukup. Mereka menilai penundaan sebaiknya berlangsung hingga satu tahun.

“Ada saatnya Anda perlu membutuhkan banyak waktu,” bunyi cuitan Presiden Dewan Uni Eropa, Donald Tusk, setelah mengeluarkan undangan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) darurat Eropa di Brussel.

Sebagai tuan rumah, Tusk memaparkan bukti beberapa bulan terakhir kepada para pemimpin Uni Eropa. Hal itu untuk meyakinkan bahwa anggota parlemen Inggris akan meratifikasi perjanjian penarikan Brexit, sebelum kepergian Inggris pada 30 Juni, sebagaimana usulan May.

“Pada kenyataannya, memberikan perpanjangan waktu akan meningkatkan serangkaian risiko. Dan pertemuan darurat bisa menciptakan batas waktu yang baru,” tukas dia, mencerminkan kekhawatiran para pemimpin Uni Eropa.

“Satu kemungkinan yang akan terjadi ialah fleksibiltas perpanjangan batas waktu. Setidaknya berlangsung selama diperlukan, dan tidak lebih dari satu tahun,” imbuhnya.***miol

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe to our Channel