10 April 2019

Cerita Petugas PPLN Antar Surat Suara di Yaman: Setiap Saat Ada Tembakan


JAKARTA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut pelaksanaan pemilu di luar negeri berlangsung aman hingga saat ini, tetapi ada cerita menarik di Yaman. Sebab petugas Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Yaman saat mengantarkan kotak suara diiringi suara tembakan.

“Hari Senin kan di Yaman tanggal 8, di Ekuador dan Panama tanggal 9. (Pelaksanaan) nggak ada masalah sejauh ini. Karena kalau di Ekuador kan jumlah pemilihnya kecil sekali,” kata Komisioner KPU Pramono Ubaid, di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019).

Pramono mengatakan, di Sana’a, Yaman banyak pemilih yang merupakan pelajar WNI mondok di pesantren. Akan tetapi Pramono mengatakan ada kendala dan tantangan petugas PPLN mengantar kotak suara.

Ia mengatakan Yaman merupakan daerah konflik sehingga KBRI di Yaman sudah ditutup dan digabung dengan KBRI Oman. Sementara itu transportasi di Yaman kurang baik sehingga petugas PPLN membawanya menggunakan bus dan ada pula suara tembakan mengiringi pengiriman tersebut.

“Kemarin persiapan teknisnya agak berat karena satu kedutaan di Oman, dia menangani sendiri sekaligus menangani Yaman. Sementara di Yaman situasi konflik, transportasinya tidak bagus. Jadi logistik kita kemarin dibawa PPLN kita naik bus umum, jalan dan harus hati hati,” ungkap Pramono.

Ia mengatakan petugas PPLN tidak dikawal petugas kedamaian dalam proses pengiriman kotak suara. Sebab setiap saat ada suara tembakan.

“Itu malah setiap saat ada suara tembakan. Bayangin aja.. Nganterin surat suara ke beberapa tempat itu. Jadi kalau denger ceritanya teman-teman Yaman itu luar biasa,” ungkap Pramono.

Pramono menegaskan meskipun beberapa negara termasuk Yaman telah melakukan pemungutan suara, tetapi perhitungan hasil Pemilu tetap dilakukan serentak tanggal 17 April. Sementara Yaman juga akan dihitung pada 17 April di kantor KBRI Yaman.

Pelaksanaan pemilu di luar negeri digelar lebih awal sejak tanggal 8 April hingga 14 April, hari ini giliran WNI di Bangkok yang melakukan pencoblosan. KPU menegaskan hingga saat ini belum ada perhitungan suara hasil pemungutan suara di luar negeri.

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari mengatakan hasil penghitungan perolehan suara pemilu luar negeri yang dilakukan PPLN dan KPPSLN baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai.

“Hasil perolehan suara pemilu LN (real count) baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai,” kata Hasyim, dalam keterangannya, Rabu (10/4).***dtk

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*