4 April 2019

Percandian Batujaya Ditetapkan Jadi Cagar Budaya Nasional


DINAS Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan percandian Batujaya ditetapkan menjadi kawasan cagar budaya nasional. Situs percandian tertua di Indonesia itu diketahui sudah ditetapkan sejak 11 Maret 2019 oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Sudah ditetapkan tanggal 13 Maret 2019 oleh Kemendikbud,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Karawang Firman Sofyan kepada Media Indonesia, Kamis (4/4/2019).

Sofyan menjelaskan proses pengajuan komplek percandian Batujaya menjadi cagar budaya nasional memerlukan waktu yang cukup lama. Langkah pertama, Pemerintah Karawang meminta bantuan tim ahli dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk melakukan kajian di percandian Batujaya yang dipimpin Lutfi Yondri.

Dari hasil kajian tersebut terdapat 500 hektare luas lahan percandian yang dibagi menjadi zonasi inti dan zonasi penyangga.

“Zonasi inti ini ditetapkan seluas 337 hektar yang didalamnya terdapat 62 percandian,” ungkapnya.

Kemudian, dari hasil penelitian, percandian Batujaya diketahui sudah ada sejak abad keempat dan merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Percandian digunakan sebagai tempat peradaban religi masyarakat Hindu-Budha saat itu.

Firman juga menjelaskan, sebelum itu, ditemukan artefak dan fosil prasejarah masyarakat buni di wilayah percandian Batujaya. Dari hasil kajian tim arkeolog Jawa Barat, kemudian diusulkan melalui surat bupati kepada tim ahli cagar budaya nasional. Kemudian dari surat nomor 76/M/2019 percandian Batujaya menjadi cagar budaya nasional.

“Sehingga ekskavasi dan perawatan pengembangan candi Batujaya akan diurus oleh Pemerintah Pusat,” tuturnya.

Penetapan sebagai cagar budaya nasional merupakan prestasi yang sangat membanggakan untuk masyarakat Karawang.

“Kami menginginkan ini menjadi target wisata nasional nantinya,” pungkasnya.***miol

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*