28 Maret 2019

Survei CSIS: Jokowi-Ma’ruf 51,4%, Prabowo-Sandi 33,3%


JAKARTA—CENTRE for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei terbaru terkait dengan elektabilitas capres-cawapres menuju hari pencoblosan, 17 April mendatang.

Berdasarkan survei tersebut, elektabilitas paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul atas paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.

Jokowi-Amin meraup suara sebesar 51,4%, sementara Prabowo-Sandi sebesar 33,3%.

Adapun sebesar 14,1% tidak menjawab dan merahasiakan pilihannya. Selain itu, terdapat 1,2% belum menentukan pilihan.

Peneliti departemen politik dan perubahan sosial dari lembaga CSIS Arya Fernandes mengatakan dari dukungan yang diterima Jokowi-Amin, tingkat kemantapan pemilih berada di kisaran angka 84,4%. Sedangkan, kemantapan pemilih Prabowo-Sandi sebesar 81,3%.

“Tingkat kemantapan pilihan pemilih sudah cukup tinggi, menyentuh angka 80%. Diprediksi kemungkinan migrasi pemilihnya kecil,” kata Arya, ketika pemaparan hasil survei di Fairmount Hotel, Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/209).

Sementara itu, Direktur Eksekutif CSIS Philips J Vermonte mengatakan dengan tingkat kemantapan pemilih Jokowi unggul atas Prabowo tersebut, membantah indikasi selama ini pendukung Prabowo lebih solid.

“Kemantapan pemilih, Jokowi lebih solid. Dugaan selama ini Prabowo lebih solid. Ini satu hal yang menarik,” kata Philips.

Meski demikian, Philips mengatakan kedua pihak masih perlu meyakinkan pemilihnya, terutama bagi yang belum menentukan pilihan.

“Yang menjadi catatan itu masih perlu meyakinkan pemilihnya,” kata Philips.

CSIS melakukan survei pada 15 hingga 22 Maret 2019. Survei dilakukan secara rasional dengan jumlah sample sebesar 1.960 yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Adapun margin of error pada survei ini sekitar 2,21% pada tingkat kepercayaan 95%.***miol

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe to our Channel