21 Maret 2019

Wapres Sebut Indonesia Paling Banyak Pengawas


WAKIL Presiden Jusuf Kalla mengatakan pengawasan di dalam sistem pemerintahan Indonesia sungguh luar biasa. Itu karena Indonesia memiliki banyak pengawas baik di internal maupun eksternal.

Demikian disampaikan JK dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2019.

“Anda diawasi oleh inspektorat, ada BPKP yang audit internal, ada BPK yang audit eksternal, ada polisi kalau ada penyelewengan, ada jaksa, ada KPK kalau ada masalah lebih besar, ada juga LSM yang mengawasi, jadi pemerintah ini, sistem ini diawasi berkali-kali. Kalau banyak yang bocor seperti sekarang, tentu itu akibat dari banyaknya pemeriksaan sehingga banyak diketahui,” tutur JK di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Pengawasan, kata JK, menjadi elemen penting dalam sistem pemerintahan. Tanpa hal tersebut, perencanaan dan pelaksanaan yang diupayakan pemerintah tidak akan tercapai. Maka itu, ia meminta kepada Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) agar semakin fokus dan menguasai masalah yang ada saat ini.

Saat ini, sambung JK, pengawasan yang dilakukan oleh APIP semakin luas mulai dari pusat hingga daerah. Tak hanya itu, alur anggaran pun semakin berkembang mulai dari provinsi, kabupaten/kota hingga desa.

“Artinya adalah pengawasan yang harus dilakukan itu makin luas, maka institusi pengawasan ini, APIP ini, makin harus bekerja keras karena makin luasnya tadi,” terangnya.

Selain itu, JK meminta kepada APIP untuk semakin menguasai perkembangan teknologi. Pengawasan saat ini, tidak bisa dilakukan hanya dengan cara-cara yang biasa.

“Harus ada penguasaan (teknologi) dari inspektorat untuk mengetahui adanya penyelewengan atau tidak,” ucapnya.

Lebih lanjut, JK mengatakan pengawasan yang baik bukan ketika berhasil menyelamatkan triliunan anggaran negara, tetapi ketika orang yang ditangkap justru semakin berkurang.

“Kalau makin banyak ditangkap, pengawasan kurang berhasil. Tapi jangan juga dibiarkan. Jadi pengawasan yang berhasil adalah kalau orang yang ditangkap kurang,” tandasnya.***miol

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*