27 Februari 2019

Kemendikbud Beli Rumah Pencipta Hymne Guru, Tapi Harga Masih Dikaji

Rabu, 27 Februari 2019


MADIUN—Rumah Sartono, pencipta Lagu Hymne Guru, akan dibeli Kemendikbud. Namun pihak Kemendikbud masih akan mengkaji terkait harga yang ditawarkan. Harga yang ditawarkan antara Rp 3,5 juta hingga Rp 4 juta.

“Untuk perkiraan nominal harga pembelian kami belum bisa. Untuk lamanya sampai kapan kami berharap tahun ini,” terang Kasubdit Program, Evaluasi dan Kokumentasi Pelestarian Kebudayaan dan Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Desse Yussubrasta kepada wartawan di Madiun Rabu (27/2/2019).

Saat berkunjung ke rumah pencipta Hymne Guru di Jalan Halmahera nomor 98 Kota Madiun, Desse hanya ingin memastikan ke istri almarhum bahwa kemendikbud akan membeli. Namun masih akan dilakukan pengkajian mengenai harga oleh tim khusus yang akan diutus dari kemendikbud.

“Belum tahu, prosesnya mungkin ada tim khusus karena ini urusannya jatuhnya ke aset negara. Sekarang dari perorangan kemudian diganti rugi kan dari aset pribadi ke negara.Tapi kalau memang ada pembelian dari kementerian kemungkinan bisa,” katanya.

Desse mengungkapkan bagaimanapun juga almarhum Sartono adalah pahlawan yang menciptakan lagu hymne guru dan karyanya dikenang dunia pendidikan.

“Kami mendapat perintah dari menteri dan kami tindak lanjut bagaimanapun almarhum pak Sartono sendiri pengarang lagu hymne guru dan karena terkait pendidikan di Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu Wali Kota Madiun terpilih Maidi yang mendampingi Desse mengaku akan memprioritaskan pemeliharaan rumah jika sudah dibeli kemendikbud. Rumah yang ditempati Damijati (59), istri almarhum Sartono itu nantinya akan dijadikan museum pendidikan anak.

“Rencana untuk cagar budaya, tapi semua perawatan dari pemkot Madiun. Yang artinya tempat bersejarah ini tidak dimusnahkan orang lain, tapi dari kementerian kebudayaan akan dikelola untuk pendidikan anak-anak,” ucap Maidi kepada wartawan.***dtk

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*