18 Februari 2019

Bertemu Dubes Australia, KPK Bahas Pencegahan Korupsi Sektor Swasta


JAKARTA—KPK menggelar pertemuan dengan Dubes Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan. KPK membahas soal pencegahan korupsi di sektor swasta.

“Membicarakan program yang khusus, khususnya pencegahan korupsi di sektor swasta,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2019).

Dia menyatakan Indonesia dan Australia bakal menjalin kerja sama ekonomi dalam jumlah besar. Karena itu, dibutuhkan pencegahan korupsi di sektor swasta.

“Indonesia dan Australia akan menandatangani perjanjian kerja sama ekonomi yang besar. Sehingga menjadi perhatian juga pemerintah Australia dan Kedutaan Besar Australia. Untuk itu kita perlu melakukan pencegahan di sektor swasta, sehingga investasi dari Australia bekerja dengan kondisi yang baik,” ucapnya.

Selain itu, Syarif juga menyatakan KPK bekerja sama dengan Australia dalam hal penindakan. Termasuk pelacakan aset dari kasus korupsi yang ditangani KPK.

“Saya berterima kasih dengan Dubes karena beberapa kasus korupsi yang terjadi di sini beberapa ada asetnya di Australia. Dan kita sudah bekerja sama dan melacaknya dengan pemerintah Australia,” ujar Syarif.

Sementara itu, Quinlan bicara soal pentingnya pencegahan dan pemberantasan korupsi bagi semua negara. Dia menyebut kerja sama Australia dan Indonesia dalam pemberantasan korupsi sudah berlangsung lama.

“Kita memiliki sejarah panjang kerja sama dengan KPK. Untuk peningkatan, dan sekarang kita melanjutkan kerja sama Indonesia dan Australia. Banyak bantuan, seperti membantu pelatihan, peningkatan kompetensi profesional, berbagi pengalaman,” ucap Quinlan.***dtk

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe to our Channel