15 Februari 2019

Panelis Debat: Pertanyaan Akan Dibuat Kritis dan Terkini


DEBAT kedua calon presiden diharapkan berjalan lebih natural dan substansial. Upaya penciptaan debat yang demikian dilakukan oleh KPU dan panelis. Salah satunya dengan membuat pertanyaan yang kritis dan sesuai dengan isu terkini.

“Iya bukan hanya yang terkini namun juga yang kritis. Yang perlu di-addres oleh orang nomor satu di Indonesia lima tahun ke depan,” ujar panelis debat kedua, Sudharto Prawoto, di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat, (15/02).

Sudharto mengatakan pertanyaan tidak dibuat begitu saja. Berbagai diskusi dan pertemuan telah dilakukan dengan berbagai pihak oleh para panelis.

“Jadi memang hal baru yang ada didebat 2019 ini kan KPU punya inisiatif untuk mengundang stekholder diantaranya masyarakat sipil, kami menerima masukan isu-isu kritus dari tim debat itu. Nah di luar itu juga kita para panelis itu menerima masukan dari berbagai stake holder, dari pemerintah dari swasta tentang hal-hal yang harus dicakup di dalam tema debat itu,” ujar Sudharto.

Sudharto berharap kedua capres bisa memanfaatkan dengan baik waktu yang diberikan untuk berbicara saat debat. Khususnya segmen keempat di mana diberikan waktu bagi kedua capres untuk melakukan debat yang lebih eksploratif.

“Nanti ada segmen di mana dua capres diminta untuk mencermati video tentang persoalan kritis di lima tema itu kemudian memberikan tanggapan konsep, kebijakan apa yang sudah diambil, kalau misalnya bagi petahana sejauh mana yang sudah diambil, kekurangan apa dan ke depan apa. Kalau bagi pak Prabowo tentu bagaimana kebijakan yang sudah diambil dan bagaimana konsep ke depan,” ujar Sudharto.

Saat ini yang akan dilakukan oleh para panela adalah berdiskusi dengan moderator. Diskusi dilakukan agar ada kesepahaman antara maksud pertanyaan panelis dengan moderator.

“Kita diskusikan dulu supaya apa yang kita maksud disampaikan dengan benar oleh moderator. Kan kita yang merumuskan sementara dia yang menyampaikan pertanyaan. Perlu ada penyamaan persepsi. Juga supaya pertanyannya ringkasan artinya bisa dipahami dengan mudah baik oleh Paslon maupun oleh masyarakat,” tutup Sudharto.***miol

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*