8 Februari 2019

Pengacara Tuding Pemindahan Lokasi Sidang Habib Bahar Politis


BANDUNG—Pihak pengacara keberatan adanya upaya pemindahan lokasi persidangan perkara penganiayaan remaja oleh Habib Bahar bin Smith dari Cibinong ke Bandung. Pemindahan ini dinilai sarat unsur politis.

Bahar sendiri telah dilimpahkan dari Polda Jabar ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong, Bogor. Awalnya sidang tersebut akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong. Akan tetapi dengan alasan keamanan, Kejari Cibinong mengajukan permohonan ke Mahkamah Agung (MA) agar sidang digelar di PN Bandung.

“Saya khawatir ini bukan masalah keamanan, ini politis,” ucap Sugito Atmo Prawiro, pengacara Bahar, Jumat (8/2/2019).

Sugito menjelaskan bila sidang digelar di Bandung sangat dekat dengan kekuasaan pemerintahan Jawa Barat. Dia khawatir kasus kliennya itu akan digunakan untuk membuat isu-isu bernuansa politis.

“Mungkin dalam bahasa umumnya memainkan isu, opini dan sebagainya, saya khawatir itu. Kalau ini memang peristiwa hukum, bukan politis, sebenarnya tidak perlu di blow up macem-macem. Ayo kita sidang di Cibinong. Kalau menyangkut mengenai keamanan saya jamin teman-teman akan disiplin untuk hal yang semacam ini dan akan menghormati proses hukum yang dijalankan,” tutur Sugito.

Apabila terbukti ada unsur lain dibalik faktor keamanan, pihaknya akan keberatan dan mengajukan eksepsi dalam persidangan. Pihaknya menanti penjelasan secara rinci dari pengadilan maupun kejaksaan terkait pemindahan lokasi sidang ini.

“Kalau alasan poltis ini lebih menarik, karena tidak diperbolehkan secara hukum. Tapi kalau nanti dari pihak pengadilan atau kejaksaan bisa menjelaskan yang masuk akal tentu akan kita pikirkan. Tapi kalau secara hukum dan secara hal lain enggak bisa dijelaskan secara masuk akal, tentu kita akan keberatan,” katanya.

Sugito mengatakan Bahar sendiri menginginkan persidangan di Bogor. Selain lebih mudah untuk berkoordinasi dengan kuasa hukum, persidangan di Bogor juga mendekatkan Bahar dengan keluarga.

“Pertama ada keluarga, locus dan tempus delicti juga di Bogor. Terus kita lebih mudah kalau koordinasi, itulah yang kami harapkan semacam itu. Habib Bahar juga menginginkan di Bogor. Bahkan kami sudah buat surat agar ditahan dan disidang di Bogor,” katanya.

Sebelumnya Kasipenkum Kejati Jabar Abdul Muis Ali mengatakan pihak Kejari Cibinong melalui Kejati Jabar dan Kejagung telah mengajukan permohonan ke MA untuk lokasi sidang Bahar di Bandung. Pemindahan ini dilakukan karena faktor keamanan dan kelancaran persidangan.

“Alasan yuridis itu bisa. Alasan situasi dan keamanan demi lancarnya proses persidangan,” ucap Abdul.

Bahar ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan Polda Jabar dalam kasus dugaan penganiayaan dua remaja MHU (17) dan ABJ (18). Polisi menjerat BS dengan pasal berlapis yakni pasal 170 ayat (2), pasal 351 ayat (2), pasal 333 ayat (2), dan pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak.***dtk

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*