2 Februari 2019

Bantuan Mengalir, Istri Pencipta Lagu Hymne Guru Batal Jual Gamelan


MADIUN—Kegembiraan tersirat di wajah Damijati (68), istri almarhum Sartono pencipta lagu Hymne Guru. Rencana menjual seperangkat alat gamelan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi diurungkan. Pasalnya alat gamelan itu nantinya akan gunakan untuk event acara Pemerintah Kota Madiun.

“Ora sido tak jual nak, isin aku (Tidak jadi dijual nak malu ibuk). Gamelan ibu tidak boleh dijual kata mbak Inda Raya (wakil wali kota Madiun terpilih),” kata Damijati dengan nada gembira, Sabtu (2/2/2019).

Dalam teleponya, wakil wali kota Madiun berjanji akan sering melibatkan group kesenian ketoprak milik Damijati. Selama ini lanjut Damijati permintaan manggung group seninya memang sepi.

“Mbak Inda yang cantik itu kemarin video call ke saya, masyaallah nang (anak Lanang) ketoprak dan gong gamelan ibu mau sering dipakai nanti. Terimakasih juga untuk detikcom sudah pertama kali mengunjungi dan memberitakan,” tuturnya dengan wajah ceria.

Damijati yang gembira dengan kabar itu langsung membersihkan seperangkat gamelan gong yang lama tersimpan di gudang. Sambil membersihkan alat musik tradisional itu, sesekali Damijati juga menabuh gong pemberian mantan Panglima TNI Djoko Suyanto. Gamelan itu diberikan usai pencipta lagu ‘Hymne Guru’ almarhum Sartono dan istrinya Damijati menjadi bintang tamu di acara Kick Andy pada 2012 silam.

Sementara itu Wakil Wali Kota Madiun terpilih Inda Raya mengaku tahu caranya membantu Istri Sartono, Damijati. Menurutnya, gamelan itu tidak harus dijual. Dirinya berjanji membantu istri pencipta lagu ‘Hymne Guru’ itu dengan cara mengundang seni ketoprak milik Damijati di setiap acara Pemkot Madiun.

“Alhamdulillah tidak jadi dijual mas gamelannya. Yang jelas meski saya belum dilantik saya berjanji akan membantu ibu Damijati. Di antaranya dengan mengundang grup seni ketoprak Damijati, untuk tampil di acara-acara yang digelar Pemkot Madiun,” ujar Inda saat dihubungi detikcom.

Kabar rumah mendiang suaminya Sartono yang akan dijuak juga sampai ke telinga Wakil Wali Kota Madiun terpilih. Meski baru akan dilantik pada 29 April mendatang, dia berjanji akan membantu Damijati.

Inda merasa simpati atas keresahan yang tengah dirasakan Damijati. Bagaimana tidak, nenek mantan PNS itu belum tahu harus kemana saat rumah yang ditempati sekarang laku terjual.

Damijati saat ini hanya tinggal dengan anak angkatnya, Ratno (45). Inda akan sering mengundang seni ketoprak milik Damijati. Setelah pensiun sebagai pengajar, Damijati serius menekuni seni ketoprak sebagai ladang untuk mengais rezeki. Selain itu, bersama Ratno, Dia juga memiliki jasa penyewaan baju adat.

Curahan hati Damijati kini menjadi perhatian, setelah bercerita rumah di Jalan Halmahera No 98, Kota Madiun dijual. Bahkan, tulisan ‘DIJUAL’ sudah menempel di depan rumah yang menyimpan banyak kenangan bersama almarhum Sartono.***dtk

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe to our Channel