24 Januari 2019

Ketua Parlemen Venezuela Tetapkan Diri Sebagai Penjabat Presiden


KETUA Majelis Nasional Venezuela Juan Guaido, Rabu (23/1), melantik dirinya sebagai penjabat presiden dalam upaya menggulingkan Presiden Nicolas Maduro. Aksi Guido itu langsung mendapatkan dukungan dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Puluhan ribu orang yang memadati jalan-jalan di Caracas. Mereka menuntut Maduro mengundurkan diri seiring krisis ekonomi yang melanda negara yang pernah kaya karena minyak itu.

“Saya bersumpah akan menjalankan wewenang eksekutif sebagai penjabat presiden Venezuela, membentuk pemerintahan transisi, dan menggelar pemilu yang bebas,” ujar Guaido disambut meriah para demonstran.

Tidak lama berselang, Trump dalam sebuah pernyataan resmi menyebut pemerintahan Maduri tidak sah dan menyebut Majelis Umum sebagai satu-satunya cabang pemerintahan yang benar-benar dipilih oleh rakyat Venezuela.

Kepala Organisasi Negara Amerika, Luis Almagro, lewat Twitter, mengicapkan selamat kepada Guaido. “Anda mendapatkan dukungan kami untuk mengembalikan demokrasi ke negara Anda.”

Di Caracas, puluhan ribu pendukung oposisi, mayoritas berpakaian putih, meneriakan yel-yel, “Guaido, teman, rakyat mendukungmu.”

Adapun Mahkamah Agung Venezuela yang didominasi oleh pendukung Maduro, memerintahkan agar digelar penyelidikan di parlemen karena berupaya menggulingkan presiden yang sah.
***miol

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*