21 Januari 2019

7 Kali Beroperasi, Komplotan Perampok Rumah Kosong Ditangkap Polisi


JAKARTA—Polisi menangkap 2 pria berinisial AH dan SHD, pelaku perampokan spesialis rumah kosong. Para tersangka sudah melancarkan aksinya sebanyak 7 kali di wilayah Jakarta.

“Para tersangka melakukan aksinya dengan cara berkeliling menyewa kendaraan, berkeliling Jaksel dan Jaktim sekitar pukul 01.00 WIB menjelang subuh. Setelah nemu targetnya salah satu pelaku masuk dengan mencongkel jendela menggunakan obeng,” kata Kanit IV Subdit Resmob Dit Reskrimum Polda Metro Jaya, AKP Rovan Richard Mahenu di Mapolda Metro Jaya, Senin (21/1/2019).

Rovan mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar November 2018 lalu. Keempat tersangka sudah beraksi di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Komplotan itu mengambil harta benda milik korban dan membawanya menggunakan mobil yang disewa.

“Setelah (tersangka) masuk ke dalam mengambil barang-barang (tersangka lain) berjaga di situ dan bergabung kembali dengan rekan-rekanya di kendaraan dan melarikan diri. Pengakuan tersangka mereka melakukan di 7 TKP,” ungkapnya.

Kedua tersangka itu kemudian ditangkap oleh polisi pada bulan Januari 2019 di daerah Jakarta. Satu diantaranya mencoba melarikan diri dan diberikan tindakan tegas oleh pihak kepolisian. Atas perbuatanya, tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun.

Terkait kejahatan pencurian di rumah kosong ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono berpesan agar lebih berhati-hati ketika meninggalkan rumah dalam keadaan tidak berpenghuni.

“Berkaitan rumah kosong, (masyarakat yang) sering ada kegiatan mudik atau keluar kota, masyarakat diharapkan menitipkan ke tetangga atau sekuriti itu di sana,” pungkas Argo.***dtk

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*