18 Januari 2019

Pembahasan BPIH 2019 Masih Alot


PEMBAHASAN Biaya Penyelengggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019 masih berlangsung alot pasalnya hingga kini belum terjadi kesepakatan antara Kementerian Agama, Panitia Kerja BPIH DPR dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Sekarang masih alot, terjadi perdebatan BPKH dengan pihak Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah atau PHU Kemenag RI,” ungkap anggota Panja BPIH 2019 dari Fraksi Nasdem DPR RI, KH Choirul Muna menjawab Media Indonesia, Jumat petang (18/1).

Hal itu terjadi, kata Choirul Muna, karena belum sebandingnya permintaan dana haji oleh Kemenag kepada BPKH untuk dana indirect cost (biaya tidak langsung), Kemenag mengajukan Rp 7,2 triliun sedangkan BPKH hanya menyiapkan Rp 6 triliun.

Menurutnya, Panja BPIH DPR akan mempertemukan BPKH dengan Ditjen PHU Kemenag pekan depan. Terkait usulan penetapan BPIH dengan kurs dolar, menurut Choirul Muna, Panja BPIH mendorong penetapan dan pembayaran biaya penyelenggaraan BPIH 2019 dengan menggunakan mata uang rupiah. Alasannya, kata anggota Komisi VIII DPR ini menyatakan pihak Komisi VIII DPR menilai hampir seluruh persiapan penyelenggaraan ibadah haji menggunakan rupiah.

Diubungi terpisah, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag, Mastuki menyatakan Kemenag memang mengusulkan BPIH 2019 dengan kurs dolar, “Namun belum selesai dan masih dibahas di Panja BPIH DP,” pungkasnya.***miol

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe to our Channel