8 Januari 2019

Presiden Bank Dunia Umumkan Pengunduran Diri


PRESIDEN Bank Dunia Jim Yong Kim, Senin (7/1), mengumumkan dirinya akan mengundurkan diri pada bulan depan, lebih dari tiga tahun sebelum masa jabatannya berakhir.

Keputusan itu mengakhiri kiprah Kim memimpin Bank Dunia selama enam tahun dan akan memberi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pengaruh besar untuk memimpin presiden lembaga peminjam untuk pembangunan dunia itu.

“Merupakan sebuah kehormatan besar untuk menjabat sebagai presiden institusi yang luar biasa yang penuh orang-orang bergairah dan berdikasi untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem di dunia,” ujar Kim dalam sebuah keterangan resmi.

Kim, yang menjadi Presiden Bank Dunia pada 2012, dilaporkan akan bergabung dengan sebuah firma yang fokus pada investasi di negara berkembang.

Dia juga akan kembali bergabung dalam dewan Partners-in-Health, sebuah lembaga yang didirikannya.

CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva akan menjabat sebagai presiden interim saat kepergian Kim pada 1 Februari mendatang.

Di bawah kepemimpinan Kim, Bank Dunia memiliki target menghapuskan kemiskinan ekstrem pada 2030 dan membangkitkan perekonomian dunia.

Berdasarkan sebuah aturan tidak tertulis, presiden Bank Dunia selalu dipilih oleh pemegang saham terbesar mereka, AS. Hal itu juga membuat negara-negara Eropa berhak menunjuk pemimpin Dana Moneter Internasional (IMF).***miol

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe to our Channel