8 Januari 2019

Elektabilitas Jokowi-Amin Unggul 20 Persen dari Prabowo-Sandi


LEMBAGA survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait Pilpres 2019 yang dilakukan pada 16-26 Desember 2018. Dalam salah satu variabel survei yakni tingkat elektabilitas, pasangan nomor 01 Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan angla 54,9 persen dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subiano-Sandiaga Uno 34,8 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menuturkan angka tersebut didapat dari pertanyaan yakni jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden dan wakil presiden di antara pasangan kandidat pilpres.

“Berdasarkan hasil survei kami, Jokowi-Ma’ruf Amin meraih 54,9 persen. Pasangan Prabowo-Sandiaga 34,8 persen. Selisih 20 persenan. Ada yang menyatakan golput 1,1 persen. Sedangkan yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab 9,2 persen,” ujarnya saat memaparkan hasil survei tersebut di kantor Indikator, Cikini, Jakarta, Selasa (8/1).

Burhanuddin menuturkan dalam rentang 3 bulan terakhir yakni September-Desember 2018 kedua kandidat ini mengalami naik turun secara tren elektabilitas. Berdasarkan datanya di bulan September Jokowi-Ma’ruf meraih 57,7%, kemudian menurun di bulan Oktober 53%, dan naik lagi di bulan Desember diangka 54.9%. Sedangkan Prabowo-Sandiaga di bulan September 32,3% kemudian menurun di Oktober sekitar 30% dan naik di Desember ke angka 34,8%.

Begitupun dengan responden yang belum menentukan pilihan, di bulan September berada di angka 9 persen, naik di bulan Oktober menjadi 17 persen dan kembali turun di bulan Desember sebesar 9.2 persen. Meski adanya fluktiatif tren tersebut dirinya menyimpulkan bahwa secara tren perubahan terhadap kedua kandidat ini masih belum signifikan.

Jokowi dan Prabowo sedikit meningkat dibanding bulam Oktober dan pemilih yang belum menentukan pilihan cendering menurun. Namun secara statistik dinamika dalam tiga bulam terakhir tidak signifikan,” ungkapnya.

Surevi ini dilakukan pada pada 16-26 Desember 2018 dengan populasi responden sebagai sample sebanyak 1220 orang dengan menggunakan metode multistage random sampling. Untuk margin of error dalam survei ini sebesar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.***miol

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe to our Channel