27 November 2018

JK Akan Ikut Bahas Perang Dagang China-AS di KTT G20 Argentina


DTK//JAKARTA–Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan menghadiri KTT G20 di Buenos Aires, Argentina. Salah satu yang dibahas di acara tersebut adalah perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

“Agenda tergantung keadaannya tapi yang nanti yang paling banyak dibicarakan ialah bagaimana meredam kemungkinan terjadinya perang dagang antara China-AS dan bagaimana adanya gejala-gejala ekonomi dunia ini bisa menurun, bisa resesi,” ujar JK di kantornya, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018).

JK juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara. JK enggan menyebutkan siapa saja yang akan melakukan pertemuan dengannya, namun di antara para pemimpin negara peserta G20 juga hadir Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman.

“Ya beberapa negara lah kita saling, sudah ada yang minta kepada saya ada tiga negara kepada Indonesia. Kita juga minta beberapa kepala negara untuk bertemu,” kata JK.

Dia belum menjawab apakah isu soal harga minyak kelapa sawit juga dibahas secara khusus oleh Indonesia. Dia hanya menekankan, agenda utama G20 adalah terkait perang dagang China dan AS.

“Isu utama itu saya katakan tadi. Bagaimana dunia ini secara ekonomi tidak terjadi perang dagang khususnya antara China dengan AS, karena pasti keterlibatan ekonomi ini karena yang namanya globalisasi kalau ada yang kena, pasti akan melebar ini masalah lebih mendalam masalahnya dan itu sangat berbahaya apa bila tidak diredam,” ujar JK.***

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*