15 November 2018

Menteri Bappenas Buka Festival Filantropi Indonesia


MENTERI Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro membuka kegiatan Festival Filantropi Indonesia 2018 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Kamis (15/11/2018).

Mewakili Presiden Joko Widodo, Bambang dalam sambutannya mengungkapkan sikap filantropi Indonesia harus terus dipertahankan serta ditingkatkan.

Menurutnya, kini filantropi bisa menjadi satu langkah untuk mencapai tujuan dalam Sustainable Development Goals (SDG’s). Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia memiliki modal tersebut.

“Filantropi Indonesia juga makin besar dan punya peran penting untuk mencapai tujuan Salam SDG’s tersebut. Kita punya modal karena kita sebagai penduduk muslim terbesar otomatis akan menjalankan filantropi melalui kewajiban berzakat,” terangnya.

Bambang juga menegaskan Indonesia telah mulai mengombinasikan zakat dengan program-program menuju SDG’s melalui pembuatan fiqih zakat untuk SDG’s yang dikeluarkan Baznas.

Menurutnya, sudah disetujui bahwa zakat juga bisa digunakan untuk pembangunan sanitasi, sekolah, serta irigasi yang beguna untuk pemenuhan SDG’s.

“Jadi, saat ini, kita memulai hal tersebut dan ternyata negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) sudah tertarik untuk menerapkannya,” ujarnya.

Ia pun berharap melalui festival ini, kesadaran untuk berbagi bisa tumbuh dan terus berkembang.

Dalam kesempatan yang sama, Co-chair Filantropi Indonesia Erna Witoelar mengungkapkan filantropi adalah kombinasi dari kedermawanan dan kerelawanan. Filantropi Indonesia juga sudah merambah para generasi muda.

Menurutnya, kini, filantropi tidak menjadi monopoli kaum tua yang kaya. Terbukti dari pameran ini yang juga diisi oleh ide dari kaum muda.

Erna juga berharap pengunjung melalui festival ini bisa mendapat inspirasi guna melakukan langkah filantropi.

“Tidak mungkin anda tidak terinspirasi karena cerita dan ide filantropi yang ada di sini sangat luar biasa. Kita patut kagum betapa berkembangnya dunia filantropi Indonesia sekarang ini,” ujarnya.

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*