15 November 2018

Mantan Wakil Kepala Intelijen Ethiopia Ditangkap Terkait Korupsi


MANTAN Kepala Intelijen Ethiopia, Yared Zerihun, ditangkap atas dugaan korupsi. Selain itu Yared Zerihun juga diduga terlibat pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Dilansir dari Reuters, Kamis (15/11/2018), informasi penangkapan tersebut dikonfirmasi oleh Jaksa Agung Berhanu Tsegaye.

“Mantan Wakil NISS (Badan Intelijen Ethiopia) dan Komisi Polisi Federal Komjen Yared Zerihun telah ditangkap oleh polisi,” ujar Jaksa Agung melalui akun Twitternya, Kamis (15/11) pagi.

Baca juga: Berapa Negara yang Masih Menerapkan Hukuman Mati di Dunia?

Jaksa Agung tak merinci terkait kasus yang menjerat Zerihun. Hanya saja disebutkan penangkapan Zerihun terkait dengan ditangkapnya belasan aparat keamanan terkait pelanggaran HAM dan korupsi.

Senin lalu, istri Zerihun juga telah ditangkap. Sejumlah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa istri Zerihun mencoba menyembunyikan keberadaan Zerihun.

Zerihun sempat dimutasi dari kantor keamanan pusat pada April 2018. Namun dia memutuskan untuk resign 3 bulan kemudian.

Baca juga: Gereja Unik di Ethiopia: Jemaatnya Bersorban & Berkerudung

Pada bulan Agustus, Ethiopia mengeluarkan METEC dari proyek Grand Renaissance Dam senilai USD 4 miliar di Sungai Nil karena banyak keterlambatan dalam menyelesaikan proyek.

METEC merupakan perusahaan terbesar di Ethiopia. Perusahaan selama bertahun-tahun memiliki pengaruh signifikan terhadap ekonomi Ethiopia. Dicurigai, METEC kerap jadi tunggangan para elite penguasa Ethiopia untuk menjalankan proyek-proyek tertentu. dtk

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*