13 November 2018

Duel Penentuan Nasib Tim Tangguh Eropa

LIGA Negara UEFA menyisakan dua pertandingan terakhir sebagai ajang penentuan tim yang berhak berlaga ke semifinal. Persaingan di tiap-tiap grup akan kembali dimulai pada Jumat (15/11) mendatang.

Dari Liga A, Grup 4, persaingan antara tiga negara tangguh Eropa masih memanas. Spanyol kini memimpin klasemen sementara dengan perolehan 6 poin (2 menang, 1 kalah) dari 3 pertandingan sebelumnya.

Tapi, hal itu tidak lantas membuat posisi La Furia Roja aman. Sebagai juara grup sementara, La Roja masih dibayang-bayangi tim nasional Inggris yang mengekor ketat di posisi dua dengan selisih 2 poin.

Kemenangan 3-2 atas La Roja pada Oktober lalu membuat The Three Lions kembali bersaing setelah sebelumnya kalah melawan Spanyol di laga pembuka 1-2 dan imbang 0-0 melawan Kroasia.

Karena itu, jika ingin lolos ke semifinal dengan status juara grup, Spanyol tidak punya pilihan selain kemenangan. Hasil imbang melawan Kroasia akan berpotensi besar menggusur posisi Spanyol dari pemuncak klasemen.

The Three Lions pasti akan mengincar kemenangan kontra skuat Vatreni -julukan Kroasia- di laga terakhir mereka akhir pekan nanti. Pasalnya, ini dapat menjadi pembuka jalan bagi The Three Lions menembus Euro 2020 mendatang.

Bila The Three Lions memenangkan status juara grup 4, secara otomatis mereka akan mengambil tempat di babak play-off Euro 2020 setelah sebelumnya gagal di babak kualifikasi.

Tapi, cerita akan berbeda apabila Kroasia mampu bangkit dan memenangkan dua laga terakhir mereka. Kroasia memang menjadi tim juru kunci dengan hanya mengantungi 1 poin hasil imbang kontra The Three Lions, namun mereka masih berpeluang membalikkan takdir pada laga penentuan tersebut.

Untuk meraihnya, Vatreni tentu butuh tidak sekadar kemampuan tetapi juga keberuntungan. Tim asuhan Zlatko Dalic akan menjadi tuan rumah pada laga kontra Spanyol di Stadion Maksimir, Kroasia, tetapi mereka harus bermain di Wembley untuk bersua dengan The Three Lions.

Di Liga A Grup 1 yang beranggotakan Prancis, Belanda, dan Jerman, Les Blues -julukan Prancis- masih kokoh sebagai juara grup dengan mengantungi 7 poin selisih empat poin dari Belanda di posisi kedua. Adapun, juara Piala Dunia 2014, Jerman masih terseok di posisi terakhir dengan hanya mengantungi 1 poin.

Les Blues sudah aman di posisi mereka saat ini. Namun, sebaliknya, Jerman membutuhkan kemenangan di laga terakhir kontra the Orange pekan depan sambil berharap Les Blues dapat mengalahkan The Orange, Sabtu (17/11) nanti untuk menghindari degradasi.

Di Grup 3, Portugal masih menduduki peringkat teratas dengan enam poin selisih 2 poin dari Italia. Adapun, Polandia yang kini menduduki posisi juru kunci dengan hanya mengantungi 1 poin otomatis terdegradasi karena tidak mungkin bisa mengejar di laga terakhir kontra Portugal, Rabu pekan depan.

Sementara itu, duel kontra Portugal Minggu (18/11) akan membuka kesempatan bagi Italia untuk menjadi juara grup. Namun, jika menang dari Polandia, Portugal otomatis kembali mengklaim posisi tersebut meski sebelumnya kalah dari Italia. MIOL

About informasi terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*